4 September : LIHAT DIRIMU MELALUI FIRMAN

2020-09-04 01:02:44

LIHAT DIRIMU MELALUI FIRMAN
Pastor Chris
4 September 2020

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh (Roma 8:1).

Pada ayat pembuka, Roh Kudus, melalui Rasul Paulus menyampaikan kepada kita bahwa ada dua kelompok orang: kelompok orang yang dalam Yesus Kristus namun berjalan dalam daging, dan kelompok orang dalam Yesus Kristus namun tidak berjalan dalam daging. Itu bukan inti dari apa yang Ia sampaikan, yang sebenarnya adalah, Dia menunjukkan gambar siapa dirimu sesungguhnya. 

Ketika engkau belajar dan memahami Perjanjian Baru, engkau telah mengamati apa yang disebut “prinsip cermin”; Firman Tuhan itu cermin.  Engkau adalah apa yang kau lihat dalam Firman (2 Korintus 3:18). Jadi jangan membaca ayat tema di atas dan beranggapan bahwa engkau tidak bebas dari penghukuman atau bahwa engkau masih “berjalan dalam daging” karena engkau masih sesekali berbuat salah. Tidak! 

Bacalah di ayat 9 pada pasal yang sama; lebih jelas dikatakan, “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu…” (Roma 8:9). Itu yang dikatakan Tuhan! Ketika Ia menjelaskan orang yang dalam Yesus Kristus yang tidak hidup menurut daging tetapi menurut Roh, Dia sedang mengatakan tentang dirimu. 

Karena itu, lihatlah dirimu melalui Firman. Sekarang, engkau sudah lahir baru, tidak ada lagi penghukuman bagimu. Jika engkau mengerti dan hidup sesuai dengan hal ini, engkau tidak akan pernah lagi bergumul dengan kebiasaan dosa, pikiran jahat atau perbuatan daging. Alkitab berkata, “Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa” (Roma 6:14); lihatlah dirimu demikian, karena seperti itulah Tuhan melihat engkau. 

Tuhan tahu kalau engkau memandang dirimu seperti Ia memandang engkau, engkau juga akan bertindak demikian. Terima dirimu seperti yang telah Ia ciptakan—kebenaran-Nya dalam Kristus Yesus—dan hidup sesuai Firman-Nya. Puji Tuhan!

PENGAKUAN
Aku adalah anak Tuhan, dengan sifat Tuhan di dalam rohku. Aku dibenarkan di hadapan Tuhan, tanpa rasa bersalah, takut, rendah diri, atau hukuman. Dosa tidak memiliki kuasa atasku dan aku tidak dapat dijerat oleh kuk perhambaan apapun. Aku sadar akan sifat kebenaranku dan berjalan sesuai dengan itu. Puji Tuhan!

AYAT RENUNGAN
Roma 6:11-15; 
Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia. Jadi bagaimana? Apakah kita akan berbuat dosa, karena kita tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia? Sekali-kali tidak!

Roma 8:2;
Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. 

Galatia 2:21
Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

Messages